Implementasi Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Unggulan kelas VIII A MTs Mambaus Sholihin

  • Muhammad Farih Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
Abstract views: 14 , PDF downloads: 7
Keywords: Implementasi, Manajemen Kelas, Bahasa Arab, Mambaus Sholihin

Abstract

Tujuan  dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui  tentang bagaimana guru bahasa Arab di MTs Mambaus Sholihin dalam memgimplementasikan manageman kelas  sehingga pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran karena demgan manajemen kelas yang baik dan tersistem dapat mengoptimalkan materi pelajaran bahasa Arab, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Karena penelitian ini berusaha mengungkapkan efektifitas managemen kelas  Alasan peneliti menggunakan metode kualitatif karena: menyajikan langsung hakikat hubungan antara peneliti dan responden dengan  tujuan supaya lebih peka, dan agar data dalam penelitian dapat dianalisis secara mendalam. 

Diantara hasil penelitan ini adalah Manajemen kelas yang diterapkan dalam mengoptimalkan pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII A  meliputi: perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pengkomunikasian, pemilihan metode, penggunaan, Usaha-usaha yang dilakukan dalam manajemen kelas untuk mengoptimalkan pembelajaran bahasa Arab siswa unggulan dikelas VIII A, adalah: mempersiapkan tugas administratif,  memberi motivasi kepada siswa, membuat modul sesuai dengan materi, mengatasi setiap permasalahan siswa, memilih metode, membentukan kelompok diskusi,  meningkatkan kedisiplinan siswa. 

References

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1990.
barry, M dahlan Al. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya. Surabaya: Arloka, 2005.
Djamarah, Saiful Bakhri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset., 2004.
Marland, Michael. Craft of the Classroom. Semarang: :Dahara Prize, 1985.
Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2002.
Mulyana, Dedy. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosydakarya, 2001.
Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi Dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2004.
Qomar, Mujamil. Meniti Jalan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2002.
Semiawan, Cony. Pendekatan Ketrampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta: Grasindo, 1992.
Suharsimi Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
———. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1990.

PlumX Metrics

Published
2024-12-31
How to Cite
Farih, M. (2024). Implementasi Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Unggulan kelas VIII A MTs Mambaus Sholihin. LUGHATI: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(02), 194-206. Retrieved from http://ejournal.unkafa.ac.id/index.php/lughati/article/view/1315
Section
Articles