Implementasi Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Unggulan kelas VIII A MTs Mambaus Sholihin
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tentang bagaimana guru bahasa Arab di MTs Mambaus Sholihin dalam memgimplementasikan manageman kelas sehingga pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran karena demgan manajemen kelas yang baik dan tersistem dapat mengoptimalkan materi pelajaran bahasa Arab, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Karena penelitian ini berusaha mengungkapkan efektifitas managemen kelas Alasan peneliti menggunakan metode kualitatif karena: menyajikan langsung hakikat hubungan antara peneliti dan responden dengan tujuan supaya lebih peka, dan agar data dalam penelitian dapat dianalisis secara mendalam.
Diantara hasil penelitan ini adalah Manajemen kelas yang diterapkan dalam mengoptimalkan pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII A meliputi: perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pengkomunikasian, pemilihan metode, penggunaan, Usaha-usaha yang dilakukan dalam manajemen kelas untuk mengoptimalkan pembelajaran bahasa Arab siswa unggulan dikelas VIII A, adalah: mempersiapkan tugas administratif, memberi motivasi kepada siswa, membuat modul sesuai dengan materi, mengatasi setiap permasalahan siswa, memilih metode, membentukan kelompok diskusi, meningkatkan kedisiplinan siswa.
References
barry, M dahlan Al. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya. Surabaya: Arloka, 2005.
Djamarah, Saiful Bakhri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset., 2004.
Marland, Michael. Craft of the Classroom. Semarang: :Dahara Prize, 1985.
Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2002.
Mulyana, Dedy. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosydakarya, 2001.
Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi Dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2004.
Qomar, Mujamil. Meniti Jalan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2002.
Semiawan, Cony. Pendekatan Ketrampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta: Grasindo, 1992.
Suharsimi Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
———. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1990.
Copyright (c) 2024 muhammad Muhammad Farih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.