UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH ALIYAH MELALUI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

  • Reni Rahmayanti MAN Karimun, Indonesia
  • Diah Ambarumi Munawaroh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Abstract views: 44 , PDF downloads: 37

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran IPS berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain pretest-posttest melibatkan 60 siswa kelas XI yang terbagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran IPS berbasis PBL dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran IPS konvensional. Hasil penelitian ini pembelajaran IPS berbasis PBL lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Ini dibuktikan dengan peningkatan skor yang signifikan pada kelompok eksperimen. Selain itu, siswa dan guru menunjukkan persepsi positif terhadap pembelajaran IPS berbasis PBL. Siswa merasa metode ini membantu mereka dalam mengasah kemampuan berpikir kritis, meningkatkan motivasi belajar, dan mengembangkan kreativitas. Guru juga menilai bahwa pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dan mencapai tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di sekolah, beberapa saran diajukan, termasuk penerapan luas pembelajaran berbasis PBL, pengembangan materi pembelajaran yang relevan, integrasi teknologi dalam pembelajaran, serta penelitian lanjutan.

Kata kunci: Pembelajaran IPS, Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Siswa Madrasah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., & Ningrum, W. W. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Panduan Praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Aziz, I. N., Setyosari, P., Widiati, U., & Ulfa, S. (2022). Using Metacognitive Writing Strategies to Improve Scientific Article Writing Skills. International Journal of Early Childhood, 14(03). https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V1413.40
Creswell, J. W. (2009). RESEARCH DESIGN (Qualitative, quantitative, and Mixed Methods Approaches) (Third). Sage.
Elsabrina, U. R., Hanggara, G. S., & Sancaya, S. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Creative Problem Solving. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 502–514.
Fadhilah, N. R., & Safitri, D. (2024). Implementasi Pembelajaran Ips Dalam Membangun Dan Membentuk Karakter Siswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(10), 61–70.
Fortuna, I. D., Yuhana, Y., & Novaliyosi, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning untuk Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1308–1321.
Habibah, F. N., Setiadi, D., Bahri, S., & Jamaluddin, J. (2022). Pengaruh model problem based learning berbasis blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI di SMAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 686–692.
Hartina, A. W., & Permana, I. (2022). Dampak Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dalam Pembelajaran Tematik. Journal of Education Action Research, 6(3), 341–347.
Ilham, N. (2022). Implementasi problem based learning dalam pembelajaran IPS di MA Darul Ijtima’Pengembur Tahun 2022. UIN Mataram.
Kusuma, A. S. H. M., & Nurmawanti, I. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1922–1934.
Maria, M., Riswandi, R., & Pujiati, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3).
Maulana, A., Aisyah, A., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Murya, N. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Information Technology untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28019–28020.
Munawaroh, D. A. (2020). Implementasi Silent Demonstration pada Open Learning Environtments (OLEs) sebagai Penguatan Keterampilan 4C/Implementation of Silent Demonstration in Open Learning Environments (OLEs) as Reinforcement 4C Skills. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 70–80.
Munawaroh, D. A., & Kurniawati, E. (2022). Curriculum Evaluation: CIPP Model of the Youth Scientific Group (KIR) extracurricular. JEET, Journal of English Education and Technology, 3(01), 15–29.
Munawaroh, D. A., Rahmadonna, S., & Yogyakarta, U. N. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Ular Tangga Berkelompok pada Siswa Sekolah Menengah. 4(1), 45–57.
Nawawi, M. L. (2022). Pengembangan Madrasah Unggul Berbasis Pesantren Di Ma Unggulan Darul Ulum Jombang. Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–17.
Nursulistyo, E. D., Siswandari, S., & Jaryanto, J. (2021). Model team-based learning dan model problem-based learning secara daring berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Mimbar Ilmu, 26(1), 128–137.
Pasaribu, E. Z., Amry, Z., & Surya, E. (2023). Pengembangan LKPD berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa kelas XI SMA. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 212–218.
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369.
Sipahutar, C. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam blended learning untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi, keterampilan berpikir kritis, dan penguasaan konsep matematika kelas IV sekolah dasar xyz Jakarta. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1119–1133.
Sugiono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1–17.
Widiya, A. W., & Radia, E. H. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 127–136.
Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., & Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563.

PlumX Metrics

Published
2024-08-30
How to Cite
Rahmayanti, R., & Munawaroh, D. A. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH ALIYAH MELALUI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING. MIYAH : Jurnal Studi Islam, 20(02), 229-250. Retrieved from http://ejournal.unkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/1295
Section
Articles