Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Siswa Kelas V MI Al-Kautsar Mrican Kediri


Abstract
Bahan ajar merupakan bahan atau materi pelajaran yang disusun secara lengkap dan sistematis berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Bahan ajar disusun dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam belajar. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Penelitian Dan Pengembangan (Reasearch And Development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Model Borg and Gall. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan prosedur pengembangan bahan ajar bahasa Arab berbasis media Pop Up Book, mendeskripsikan karakteristik bahan ajar bahasa Arab berbasis media Pop Up Book untuk meningkatkan penguasaan mufradat, mendeskripsikan dan mengukur tingkat kelayakan bahan ajar bahasa Arab berbasis media Pop Up Book untuk meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab pada peserta didik kelas V (lima) MI Al-Kautsar Kota Kediri. Bahan ajar bahasa Arab berbasis media Pop Up Book merupakan salah satu bahan ajar dalam bentuk buku pop up yang dapat diterapkan untuk mempermudah proses pembelajaran mufradat. Bahan ajar bahasa Arab Pop Up Book merupakan bahan ajar mufradat yang berisi materi ajar berupa gambar dan keterangan gambar sesuai dengan materi Mufradat yang akan disampaikan. di MI Al-Kautsar Mrican Mojoroto Kota Kediri bahwa pembelajaran unsur kebahasaan yang berupa Mufradat khususnya yang ada di kelas V, peserta didik merasa kesulitan dalam mengingat dan mudah bosan dengan materi Mufradat yang hanya terpaku pada LKS. Sehingga guru mengeluarkan tenaga lebih banyak dalam menyampaikan materi pembelajaran. Bahan ajar bahasa Arab berbasis media Pop Up Book atau bahan ajar pop up book bahasa Arab menjadi salah satu bahan ajar yang dapat diterapkan untuk mempermudah proses pembelajaran Mufradat.
References
Fahlevi, Reja. “Mendesain Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal (Menciptakan Proses Pembelajaran Yang Kreatif).” TAHURA MEDIA, t.t.
Ghulayaini, Syaikh Mushthafa al-, dan H. Moh Zuhri. Pelajaran bahasa’Arab lengkap terjemah Jaami’ud Duruusil’Arabiyyah. CV. Asy Syifa’, 1991.
Ginting, Mita Atiiqah Br, Nina Wandana, dan Siti Rahma. “PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG.” Jurnal Sathar 1, no. 2 (2023): 66–75.
Hamid, M. Abdul. “Mengukur kemampuan bahasa arab: Untuk studi islam.” UIN-Maliki Press, 2013.
Johnson, Paul. Pop-up paper engineering: Cross-curricular activities in design technology, English, and art. Psychology Press, 1991.
Lestari, Ika. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.” Jurnal Teknologi Pendidikan. Program Studi Teknologi Pendidikan, 2013.
Magdalena, Ina, Tini Sundari, Silvi Nurkamilah, Nasrullah Nasrullah, dan Dinda Ayu Amalia. “Analisis bahan ajar.” Nusantara 2, no. 2 (2020): 311–26.
Majid, Abdul. “Perencanaan pembelajaran mengembangkan kompetensi guru.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Mufidah, Aimmatul, Izzatul Mar’ah Sayyidah, dan Yayuk Farkhatul Muthoharoh. “Media pembelajaran ‘pop up book’ sebagai alternatif pembelajaran kosakata bahasa arab yang mudah dan menyenangkan untuk siswa sekolah dasar.” Dalam International Conference of Students on Arabic Language, Vol. 2, 2018.
Musthofa, Syaiful. “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif.” UIN-MALIKI Press, Malang, 2011.
Muzayyanah, Afika, Arfilia Wijayanti, dan Asep Ardiyanto. “Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) tematik berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pijar Mipa 15, no. 5 (2020): 452–57.
Nuha, Ulin. Ragam metodologi & media pembelajaran bahasa Arab. Diva press, 2016.
Prastowo, Andi. “Pengembangan bahan ajar tematik,” 2019.
Rahmawati, Sri, S. W. Rahman, dan Besse Darmawati. “Pop-Up Book in Reading Comprehension Ability Context in Thenatic Learning.” Jurnal, 2018.
Rizka, Maulia. “DESIGN OF †øePUTRI KUMALA†POP-UP BOOK AS CHILDREN STORY?LING.” Arty: Jurnal Seni Rupa 9, no. 2 (2020): 148–61.
Safri, Meilia, Sri Adelila Sari, dan Marlina Marlina. “Pengembangan media belajar Pop-up Book pada materi minyak bumi.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) 5, no. 1 (2017): 107–13.
Setyosari, Punaji. “Metode penelitian dan pengembangan.” Jakarta: kencana, 2010.
Sidabutar, Desi Maisura, Khadijah Khadijah, dan Rohani Sitorus. “Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Nurhayati Kecamatan Medan Tembung.” Jurnal Raudhah 7, no. 2 (2019).
Suciati, S.Pd.I, Dwi. Wawancara dengan Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V MI Al-Kautsar Kota Kediri, Desember 2024.
Sugiyono, Dr. “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2013.
Suparman, M. Atwi. “Modern instructional design.” Publisher Erlangga. Jakarta, 2012, 93.
Ukhtinasari, Febri, Mosik Mosik, dan Sugiyanto Sugiyanto. “Pop-up sebagai media pembelajaran fisika materi alat-alat optik untuk siswa sekolah menengah atas.” UPEJ Unnes Physics Education Journal 6, no. 2 (2017): 1–6.
Ulumiah, Masnatul. “Pengembangan bahan ajar bahasa jawa berbasis media Pop Up Book untuk meningkatkan keterampilan berbicara di kelas III MI Tarbiyatus Shibyan Kembiritan Genteng Banyuwangi.” PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2019.
Utami, Rizka, Nyak Mustakim, Ahmad Taufiq, Syarifah Rahmi, Teuku Sanwil, Dian Febrianingsih, Ihwan Rahman Bahtiar, Nurus Amzana, Marhamah Ulfa, dan Miftahus Surur. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.
Wiryokusumo, Iskandar, dan Usman Mulyadi. Dasar dasar pengembangan kurikulum. Bina Aksara, 1988.
Copyright (c) 2024 Naufal Al Farahi Naufal Al Farahi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.