INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MODERAT BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI PONDOK PESANTREN AL IKHLAS PANCENG GRESIK

  • M. Muizzuddin Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Nazilatul Fatikhah Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Ahmad Zainuddin Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
Abstract views: 217 , PDF downloads: 205

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang: (1) nilai nilai pendidikan islam moderat berbasis kearifan lokal di Pondok Pesantren Al Ikhlas Mulyorejo Dalegan Panceng Gresik, (2) proses internalisasi nilai nilai pendidikan islam moderat berbasis kearifan lokal di Pondok Pesantren Al Ikhlas Mulyorejo Dalegan Panceng Gresik (3) dampak internalisasi nilai nilai pendidikan islam moderat berbasis kearifan lokal di Pondok Pesantren Al Ikhlas Mulyorejo Dalegan Panceng Gresik.      Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian ini melalui kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk nilai nilai pendidikan islam moderat berbasis kearifan lokal di pondok pesantren al ikhlas adalah nilai toleransi, nilai kemaslahatan, nilai keseimbangan, nilai adil, nilai kebangsaan, nilai qudwah. (2) proses internalisasi nilai nilai pendidikan islam moderat berbasis kearifan lokal di pondok pesantren al ikhlas menggunakan tiga tahapan yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap transinternalisasi nilai, (3) dampak internalisasi nilai nilai pendidikan islam moderat berbasis kearifan lokal di pondok pesantren al ikhlas adalah tumbuhnya sikap sosial yang tinggi bagi para santri sehingga mereka lebih peduli terhadap sekitar, dan juga tumbuhnya sikap tanggung jawab, sabar, ikhlas dan cinta terhadap tanah air.

Kata kunci: internalisasi, nilai islam moderat, kearifan lokal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul wahid, et. All., militansi ASWAJA & Dinamika pemikiran islam, (malang: aswaja centre UNISMA, 2001), 18.
Agil, Said.Fikih Hubungan Antar Agama. Cet Ke 6. Jakarta: Ciputat Press, 2014.
Agus Zaenul Fitri, Reiventing Human Character Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media).
Ahmad sukardja, hukum tata negara dan hukum administrasi negara dalam perspektif fiqih siyasah, (jakarta: sinar grafika, 2012),
Ahmadi,Rulan.Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Russ Media, 2014.
alam, Masnur. “studi implementasi pendidikan islam moderat dalam mencegah radikalisme di kota sungai penuh jambi”, jurnal islamika, Vol 1 No 2, 2017.
Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam Upaya Penbentukan Pikiran Dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Anhari,Masjkur.Integrasi Sekolah Ke Dalam Sistem Pendidikan Pesantren. Surabaya: Diantama, 2006.
Ariyanti aris, “opini; moderasi pendidikan muhammadiyah dan NU di indonesia”, TEGAS.ID, januari 28, 2020, accessed nov 29, 2021,
Badan litbang dan diklat kementrian agama, peranan pesantren dalam mengembangkan budaya damai, cet. Ke 1 (jakarta: maloho jaya abadi press, 2010), 73.
Basrowi dkk. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Biqih zulmy, “pendidikan dalam perspektif al qur’an” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr Vol.9, no. No 2 (2020). 82
Creswell, John W., Research Design Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif Dan Campuran” Penerjemah: Achmad Fawaid Dan Rianayati Kusmini Pancasari . Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.
Danial hilmi, mengurai islam moderat sebagai agen rohmatan lil alamin, (malang: UIN Maliki press, 2016.
Daulay, Haidar putra. pendidikan islam dan system pendidikan nasional di indonesia. jakarta: kencana pranada media grup, 2021.
Depag, Pondok Pesantren Dan Madrasah Diniyah. Jakarta: DEPAG RI, 2003.
Departemen agama RI, al quran dan terjemah juz 1-30, (semarang: toha putra, 2015).
Departemen Agama RI, Moderasi Islam, (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al Qur’an, 2012).
Eka prasetiawati, “menanamkan islam moderat upaya menanggulangi radikalisme di indonesia”, vol. 2, desember 2017.
Ekonomi Islam, Pusat Pengkajian Pengembangan Ekonomi Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada , 2008,
Enung K. Rukiati Dan Fenti Hikmawati.Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia, 2006.
Hasanah,Aan.Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Minoritas: Studi Atas Kearifan Lokal Mayarakat Adat Suku Baduy Banten.
Hasbullah.Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.
Hasil Wawancara Dengan Kiai Alfin Sonhaji selaku pengasuh pondok Oleh Aan Haryono, Tanggal 5 Mei 2020 Di Pondok Pesantren Al Ikhlas.
Imam Syafe’i, Tujuan Pendidikan Islam, Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 6, November 2015.
Indarwati,Eni. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul.Tesis 2019.
J.P Chaplin, kamus lengkap psikologi, (jakarta: PT raja grafindo persada, 2005), 256.
Jondya, A. G., & Iswanto, B. H. (2017). , indonesan’s traditional music Clustering Based on Audio Features. Procedia Computer Science, 116, 174±181
Judiani, Sri.Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2010.
M. Agus Santoso, Hukum,Moral & Keadilan Sebuah Kajian Filsafat Hukum, Ctk. Kedua, Kencana, Jakarta, 2014, hlm. 85.
M. Quraish shihab, wawasan al qur’an: tafsir tematik atas pelbagai persoalan umat, (bandung: mizan, 1996),
Mannan, Abdul. ahlussunnah wal jamaah akidah umat islam indonesia. kediri: PP Al falah ploso, 2012.
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter
Milles Dan Huberman.Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992.
Moderasi beragama.kementrian agama RI, Badan litbang dan diklat kementrian agama RI, 2019.
Moleong,Lexi J. Metode Penelitian Kualitatif, Cet XIII.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000..
Muhaimin. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media, 1996.
Muhaimin.Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam Upaya Penbentukan Pikiran Dan Kepribadian Muslim, (Bandung: Remaja Rosdakarya), 2006
Muhammad Fahmi, Pendidikan Aswaja NU dalam Konteks Pluralisme dalam Jurnal PAI, (Surabaya: Dosen STAI Taruna, 2013),
Muhammad Usman dan Anton Widyanto, “Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe, Aceh, Indonesia,” Journal of Islamic Education 2 no.1 (2019): 48.
Munir. ”pendidikan dalam perspektif paradigma islam: mencari model alternative bagi konstruksi keilmuan islam”, dalam toto suharto dan noer huda, arah baru studi islam indonesia; teori dan metodologi. yogyakarta: Ar Ruzz media, 2013.
Murtado, D. Menag: Perlu Ada Strategi Kebudayaan Dalam Memperkuat Moderasi Beragama. Kemenag.Go.Id, 2021.
Nasiwan. Teori Teori Politik. Yogyakarta: Ombak, 2012.
Nurdin, Muhammad. pendidikan anti korupsi; strategi internalisasi nilai nilai islami dalam menumbuhkan kesadaran anti korupsi di sekolah. yogyakarta: Ar Ruzz media, 2014.
Purwanto, Y & Fauzi, Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum; Jurnal Penelitian Pendidikan Agama, 2009.
Qiqil Yuliati Zakiyah dan Rusdiyana, Pendidikan Nilai Kajian, Teori, dan Praktik di Sekolah, (Bandung: Pustaka Setia, 2014)
Qomar, Mujamil, Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokrasi I Stitusi. Jakarta: Erlangga.
Qordhowy,Yusuf.Fi Fiqhi Auwlawiyat, Dirosah Jadidah Fi Dau’ Al Qur’an Wa Al Sunnah. Jakarta: Rabbani Press, 1996.
Quraish shihab, membumikan al qur’an: ‘fungsi dan peran wahyu dalam kehidupan bermasyarakat”.
Rahman, Mustafa. humanisasi pendidikan islam. semarang: walisongo, 2011.
Rifyal Ka’bah, Dzikir dan Doa dalam Al-Qur’an, (Jakarta: Pramadina, 2001)
Rustam dkk, “pendidikan islam berbasis kearifan lokal” dalamjurnal pendidikan agama islam, vol. 3, No. 1 juli 2020.
Shihab, M. Quraish.wasathiyah, wawasan islam tentang moderasi beragama,. ciputat: lentera hati, 2019.
shomad, Abdus. Mencari Tipologi, 80-81; Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1994.
Soedijarto, menuju pendidikan nasional yang relevan dan bermutu, (jakarta: balai pustaka, 1993, cet 4).
Soeleiman fadeli, antologi NU: sejarah, istilah, amaliyah dan uswah, (khalista: surabaya, 2007),
Sofyan sauri dkk, “nilai kearifan lokal pesantren dalam upaya pembinaan karakter santri”, Vol 3 No 2, juli-desember 2014.
Subhan,Fauti.Membangun Sekolah Unggulan Dalam Sistem Pesantren. Surabaya: Alpha, 2006.
Sugiyono, metode penelitian pendidikan, cet ke 21. Bandung: Alfabeta, 2015.
Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cet X. Bandung: Alfabeta, 2010.
Suharto, Toto. “Indonesianisasi Islam: Penguatan Islam Moderat Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia”, Jurnal Al Tahrir, Vol 12 Nomor 1 Mei 2017,
Suharto,Toto.“Indonesianisasi Islam: Penguatan Islam Moderat Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia” dalamJurnal Al Tahrir, Vol. 12, No. 1 Mei 2017.
Sujarwa, Ilmu Sosial Dasar & Budaya Dasar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014), 231.
Sukmadinata,Nana Syaodih.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Sulthon Masyhud Dan Moh. Khusnurdilo.Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka, 2005.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syafe’i, Imam.“Tujuan Pendidikan Islam, Al Tadzkiyyah”: dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol 6, November 2015.
Syaifulloh idris, internalisasi nilai dalam pendidikan konsep dan kerangka pembelajaran dalam pendidikan islam, (yogyakarta: darussalam publishing), 35.
Tafsir, Ahmad. ilmu pendidikan dalam perspektif islam. bandung: remaja rosdakarya, 1992
Thoha, Chabib. kapita selekta pendidikan islam. yogyakarta: pustaka pelajar, 1996.
Tim penyusun kamus pusat bahasa, kamus bahasa indonesia, (jakarta: pusat bahasa, 2008), 1035.
wardhani dan wahono, “keteladanan guru sebagai penguat proses pendidikan karakter”, untirta civic education journal, vol 2, 2017
Wibisono,Dwi Susongko Hery.Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Smp Negeri 1 Tambakromo.Tesisi 2020.
yumnah, Siti. “implementasi pendidikan islam moderat di pondok pesantren bayt al hikmah kota pasuruan”, jurnal studi islam, Vol 15 NO 1, April 2020.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada Media Group., 2011
Zuhairini. filsafat pendidikan islam, cet ke 6. jakarta: PT Bumi aksara, 2012.

PlumX Metrics

Published
2023-11-09
How to Cite
M. Muizzuddin, Nazilatul Fatikhah, & Zainuddin, A. (2023). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MODERAT BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI PONDOK PESANTREN AL IKHLAS PANCENG GRESIK. MIYAH : Jurnal Studi Islam, 19(02), 321-348. Retrieved from http://ejournal.unkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/794
Section
Articles