Kepedulian Sosial (Surah al-Mâ`ûn Perspektif Buya Hamka Dalam Tafsir al-Azhar)


Abstract
Esensi kepedulian sosial yang terkandung dalam surah al-MÄ’ūn merupakan bagian dari masyarakat sosial yang mempunyai hak dan kewajiban demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera. Al-Qur’an memberikan pedoman bagi kehidupan masyarakat muslim yang tidak terlepas dari hak permasalahan dan kewajibannya. Karena sebagai makhluk sosial manusia mustahil dapat memisahkan hidupnya dengan manusia lain. Dalam predikat pendusta agama yang terkandung dalam surah al-MÄ’ūn tentang kepedulian sosial terhadap anak yatim dan orang miskin sangatlah layak diproyilitaskan dalam norma-norma kehidupan masyarakat. Hal ini dikarenakan setiap bentuk di masyarakat tercipta kebudayaan, sistem kehidupan, dan sistem masyarakat dengan adanya hubungan dan tuntutan kepentingan antara satu dengan yang lainnya. Berdasarkan hal tersebut, ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:  pertama, apa esensi kepedulian sosial yang terkandung dalam surah al-MÄ’ūn?, kedua, bagaimana perspektif  Buya Hamka dalam Tafsir al-Azhar tentang kepedulian sosial dalam Surah al-MÄ’ūn?.    Â
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan, dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik yang terfokus untuk mendeskripsikan atau memaparkan pembahasan dan mengkritisi gagasan primer yang dikonfrontasikan dengan gagasan primer lain, dengan menggunaka metode tafsir mawá¸Å«â€² Ä« dengan kajian tematik surah dalam tafsir al-Azhar karya Buya Hamka. Tujuan penggunaan kajian tematik surah ini ialah untuk mengetahui secara lengkap dan berurutan secara teratur tentang kepedulian sosial yang terkandung dalam surah al-MÄ’ūn.  Â
Penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, esensi kepedulian sosial yaitu berdasarkan prilaku seseorang yang mempunyai sikap sama-sama peduli serta memperhatikan kondisi satu dengan yang lainnya, dengan cara bersosial dengan orang lain dalam lingkungan masyarakat sosial. Kedua, Perspektif penafsiran Buya Hamka dalam tafsir al-Azhar tentang kepedulian sosial dalam surah al-MÄ’ūn ialah  menjelaskan cakupan makna pendusta terhadap agama yang meliputi penolakan terhadap anak yatim dengan tangannya apabila mereka mendekat, dan keengganan memberi makan orang miskin. Dalam surah al-MÄ’ūn ada nilai-nilai sosial yang terkandung di dalamnya yaitu pertama, pentingnya memahami agama dengan benar, kedua, pentingnya penanganan dan pengelolaan anak yatim, ketiga, menyantuni fakir miskin, keempat, shalat sebagai parameter keimanan yang mendalam, kelima, tolong menolong.
 Â
Kata Kunci: Kepedulian Sosial, Surat al-MÄ’ūn Tafsir al-Azhar
References
A. Tabi’in. Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. Jurnal Of Social Science Teachingâ€Vol.1.No.1 Juli Desember, 2017.
Anwar Rosihon. Ulum Al-Qur’an Bandung:Puataka Seti, 2015.
Alviyah, Arif. Metode Penafsiran Buya Hamka dalam Tafsir Al-Azhar Jurnal Ilmu Ushuluddin, Vol.15. No.1 Tahun 2016.
Aditya Kusuma, Trisna. Tafsir Surah al-MÄ’ūn. Skripsi, IAIN Salatiga: 2018, 18.
Al-Mundziri, Imam. Ringkasan Hadis Shahih Muslim. Jakarta: Pustaka Amani. 1994.
Aulia, Aly. Metode Penafsiran Al-Qur’an dalam Muhammadiyah. Jurnal Tarjih. Vol. 12. No.1. Tahun 2014.
Bukhari. Akulturasi Adat Dan Agama Islam Di Minangkabau. Jurnal Ilmiah Dakwah dan Komunikasi. Vol.1 No.1 April Tahun 2009.
Dwi Handiryarno,Yanuar. Peningkatan Sikap Peduli Sosial. Skripsi UniversitaMuhammadiyah Pukwokerto jurusan FKIP.UMP. 2016.
Endang Sri Mujiwati, Bambang Soenarko. peningkatan Nilai keperdulian Sosial MelaluiModifikasi Model Pembelajaran Konsiderasi Pada MahasiswaTingkat Program Studi PGSDI FKIP Universitas Nusantara PGRI kediri. Jurnal Considerations, The Value Of Social Care Vol. 1 No. 26 Tahun 2015.
Gunawan, Andri.Teologis Surat al-Ma’un dan Praktis Sosial dalam Kehidupan Warga Muhammadiyah. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I Vol.5 No. 2 Tahun 2018.
Hamka. Tafsi al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas.1983.
Hamka, Irfan. Ayah Jakarta : Republika. 2013 .
Habiburrohman, Muhammad. Implementasi Nilai-nilai Kepedulian Sosial Pada Peserta Didik Malalui Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XII Studi Kasus di MAN 8 Jombang.
Hidayati, Husnul. Metodologi Tafsir Kontekstual Al-Azhar Karya Buya Hamka. Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Vol.1 No. 1 Januari-Juni Tahun 2018.
Ikhwani, Nur. Kepedulian Sosial Anak di Lingkungan Masyarakat Margosari Studi Deskriptif Anak-Anak Sanggar Belajar Margosari. Sidorejo. SalatigaTahun 2017.
Lestar, Ayu Ida. Perana Muhammadiyah Dalam Membina Masyarakat Islam Di Jeneponto ( Suatu Tinjauan Historis). Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Tahun 2016.
Lajnah, Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Tafsir Ringkas Jilid. Jakarta Timur, 2016.
Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer Yogyakarta: Lkis Group. 2012.
Muhaimin, Akhmad. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Bagi Anak. Jogjakarta: Katahati. 2017.
Muslimah, Nurina. Implikasi Pendidikan dari QS. AL-Ma’un ayat 1-3 Tentang Bentuk-bentuk Kepedulian Seorang Muslim Terhadap Anak Yatim dan Fakir Miskin. Skripsi Universitas Islam Bandung. 2001.
Malkan. Tafsir al-Azhar:Suatu Tinjauan Biografis dan Metodelogis. Jurnal Hunafa. Vol.6 No.3. Desemberr 2009.
Magfiroh. Nilai Sosial dalam Surah al-MÄ’ūn Penafsiran Modern Tentang AnakYatim. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.2014.
Meleong, Lexi j. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012.
Musyarif. Buya Hamka: Suatu Analisis Sosial Terhadap Kitab Tafsi Al-Azhar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, Vol.1. No.1 Tahun 2019.
Made Astawa, Ida Bagus. Pengantar Ilmu Sosial Depok: 16956. 2017.
Masrukhan, Ahsan. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Sosial di SD NegeriKota Gede 5 Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. 2016.
Milya, Sari. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA.Vol.1. No.27 Tahun 2020.
Nurlini. Peran Dakwah dalam Membangun Kepedulian Sosial Santri Di Pondok Pesantren Dan Tahfidzul Qur’an Putri As Sunnah Panciroâ€. SkripsiUniversitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 2020.
Nur Fitri, Rahmi. Hamka Sebagai Sejarawan: Kajian Metodelogi Sejarah Terhadap Karya Hamka. Jurnal Kajian Keagamaan dan kemasyarakatan. Vol.04 No.01. Januari-Juni. Tahun 2020.
Said, Hasani Ahmad. Diskursus Zl-Qur’an dalam Tafsir al-Misbah. Jakarta :Amzah. 2015.
Saragih, Sofia Gusnia. Hubungan Lingkungan Sosial Dengan Efektivitas BelajarMahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santo Borromeus.
Sri Enny Tridiastutu, Presety Raan. Pengantar Metode Penelitian. Metode Penelitian MMP15202. Modul .2007.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Bandung: Alfabeta. 2016.
Siyato, Sandu. Dasar Metodologi Penelitian. Yogkyakarta:Llterasi Media Publising, 2015.
Soenarko Bambang, Endang Sri Mujiwati. Peningkatan Kepedulian Sosial Melalui Modifikasi Pembelajaran Konsiderasi Pada Mahasiswa Tingkati Program Studi PGSD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Efektor ISSN.2355-956x ; 2355-7621 No. 26. April Tahun 2015.
Shihab, M. Quraish. Tafsir al-MisbÄh: Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Vol. 15. Jakarta: Lentera Hati. 2002.
Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional Pedoman Kinerja. Kualifikasi dan Kompetensi Guru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2013.
Tim Penyusunan Penulisan Karya Ilmiah. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Pamekasan: IAIN Madura Pamekasan Press. 2020.
Prayetno. Pembagian Harta Warisan dalam Adat Minangkabau Tela’ah Penafsiran Buya Hamka Pada Surat An-Nisa’ ayat 11-12. Skripsi UIN Sutha Jambi. Tahun 2019.
Pamungkas, Singgih. Upaya Sekolah Dalam Munumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa Di SMP Kesatrian 2 Semarang†Skrpsi Unnies Semarang .2019.
Waskito, Adi Cahyo. Penanaman Kepedulian Sosial di MTS Atap HidayatulMubtadi’in Kalitapen Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Skripsi IAIN Purwokerto. 2016.
Jumaldin, Ashar. Perang Dakwah Dalam Membangun Kepedulian Sosial Santri di Pondok Psantren Modern Pendidika Al-Qur’an Immi Putra Tamalanrea Makassar. Skripsi UIN Alauddin Makassar. 2017.
Yaman, Moh. Tulus. Memahami Al-Qur’an dengan Metode Tafsir mawá¸Å«â€² Ä« Jurnal PAI, Vol.1. No. 2 Januari-Juni Tahun 2015.
Yasir, S Ali. Tafsir Kontekstual Al-Qur’an Surah al-MÄ’ūn. Jakarta: Majelis Ta’lim Asysyakur, 2003, 13.
Copyright (c) 2022 Liz Lizamah, Ul Ulfah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.