Materi Pelajaran PAI dalam Perspektif Al-Qur'an


Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengidentifikasi, memahami, dan mencakup secara holistik berbagai aspek penting tentang materi pendidikan Agama Islam dalam perspektif Al Quran, juga untuk merinci dan menganalisis berbagai pengertian, ruang lingkup, dan nilai-nilai pendidikan islam dalam perspektif Al-qur’an. Penulisan artikel ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Hasil dari penulisan ini bahwasanya Al Quran adalah sebagai sumber utama ajaran Islam, yang mana dapat memberikan panduan yang berharga dan tetap relevan dalam pendidikan Agama Islam di era sekarang. Dan Ruang lingkup Materi Pendidikan Agama Islam dalam Al Quran keseluruhannya mencakup: 1)Akidah, yang menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan, menghayati, serta meneladani nilai-nilai keimanan dalam kehidupan sehari-hari, 2)Akhlak, yang menekankan pada pengamalan sikap terpuji dan menghindari akhlak tercela, 3)Syariah, yang menekankan pada kemampuan untuk memahami, meneladani dan mengamalkan ibadah dan mu’amalah, 4)Sejarah, yang menekankan pada kemampuan mengambil pelajaran (ibrah) dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam, serta 5)Al Quran Hadits, yang menekankan pada kemampuan membaca, menulis, menterjemahkan, memahami isi kandungan serta dapat mengamalkan dalam kehidupan.